Kronologi Gubes UGM Prof Iwan Dinyatakan Kena Corona hingga Meninggal


Satuindo ~ Seorang Guru Besar UGM Prof Iwan Dwiprahasto yang dinyatakan positif virus Corona meninggal dunia setelah 9 hari dirawat di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. Prof Iwan meninggal dunia pada lewat tengah malam tadi.
Berikut ini kronologi Prof Iwan dinyatakan positif Corona hingga meninggal dunia:

Minggu, 15 Maret 2020

Prof Iwan dirujuk ke RSUP Dr Sardjito yang kemudian dirawat di ruang isolasi. Pemeriksaan Prof Iwan dilakukan dengan standar COVID-19.

Senin, 16 Maret 2020

Sampel swab Prof Iwan dikirim ke Balitbangkes pada Senin (16/3).

Rabu, 18 Maret 2020

Hasil swab oleh Litbangkes diinformasikan kepada Dinas Kesehatan DIY dan diumumkan kepada publik pada Rabu (18/3).

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni Prof Dr Paripurna mengungkap keluarga Prof Iwan saat itu mengharapkan pengertian dari seluruh kolega dan para awak media agar dapat ikut menjaga privasi pasien untuk mempercepat proses kesembuhannya.

"Kami juga berpesan agar kolega dan kerabat yang dalam waktu tiga minggu yang lalu bertemu dan melakukan kontak dekat dengan beliau agar dapat melakukan screening di fasilitas kesehatan terdekat yang memberikan layanan diagnosis dan perawatan COVID-19," ujar Paripurna melalui keterangan tertulis yang dikirim Humas UGM, Rabu (18/3).

Kamis, 19 Maret 2020

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Pembajun Setyaningastutie mengungkap Guru Besar UGM berusia 58 tahun itu menjalani perawatan di ruang ICU RSUP Dr Sardjito.

"Beliau punya komorbid kesehatan pendukung yang membuat beliau harus di ICU. Kondisi terakhir stabil kondisi beliau, kita doakan agar kondisi beliau semakin baik," kata Pembajun saat ditemui di kompleks kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Kamis (19/3).

Komorbid adalah istilah dalam dunia kedokteran yang menggambarkan kondisi bahwa ada penyakit lain yang dialami pasien selain dari penyakit utamanya.

Selasa, 24 Maret 2020

Prof Iwan menghembuskan napas terakhir pada hari ini pukul 00.04 WIB. Kabag Humas dan Protokoler UGM Iva Ariani menyampaikan kabar duka melalui pesan tertulis kepada wartawan pagi tadi.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Prof Iwan Dwiprahasto bin Oetomo Moestidjo dalam usia 58 tahun pada Selasa 24 Maret 2020 pukul 00.04 WIB di RS Sardjito Yogyakarta," ujar Iva.

Selanjutnya, jenazah almarhum dimakamkan di Pemakaman Sawit Sari UGM.

"Mohon untuk mendoakan almarhum dari tempat masing-masing dan keluarga juga meminta agar tidak mengirimkan karangan bunga," lanjut Iva.

Sumber :detik.com

1 Response to "Kronologi Gubes UGM Prof Iwan Dinyatakan Kena Corona hingga Meninggal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close