Soal Seragam 4 Kantong BPIP yang Dikenakan Megawati di Istana



Satuindo.com ~ Jakarta - Megawati Soekarnoputri tampil dengan seragam berkantong empat saat menyampaikan Kuliah Kepresidenan. Kemeja itu adalah seragam anyar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Itu adalah seragam baru BPIP, sebagai simbol identitas," kata Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Seragam yang dikenakan Ketua Dewan Pengarah BPIP yang juga presiden ke-5 RI itu berlengan panjang. Dua kantong ada di bagian dada, sedangkan dua kantong lagi ada di bagian pinggang, kanan dan kiri.

Ada lambang Garuda Pancasila di lengan kiri dengan tulisan 'BPIP' berlatar merah di atasnya. Dari mana inspirasi model seragam ini? Bukan dari Menhan Prabowo Subianto yang punya kemeja khas empat kantong.

"Kemeja putih adalah simbol kerja, seperti kemeja yang dikenakan Pak Jokowi," kata Benny.

Semua pegawai BPIP wajib mengenakan seragam ini tiap Senin, dipadu dengan celana bahan warna hitam. Sebenarnya ada dua jenis, yakni jenis lengan panjang dan lengan pendek. Untuk lengan pendek, kantongnya ada dua.

Soal warna putih, ini ada maknanya juga. "Warna putih memuat simbol nilai kesucian, nilai kerja keras, dan juga universal. Warna putih universal dan menyatukan karena tidak terkait dengan partai tertentu, golongan tertentu, atau agama tertentu," tutur Benny.


Resource : detik.com

2 Responses to "Soal Seragam 4 Kantong BPIP yang Dikenakan Megawati di Istana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close