Jokowi Terjun Bebas di Jatim, BPN Bilang Begini



Satuindo.com ~ Survei Litbang Kompas menunjukkan menunjukkan elektabilitas capres petahana Jokowi-Ma’ruf Amin sudah di bawah 50 persen. Sebaliknya, elektabilitas paslon 02 Prabowo-Sandi melejit.

Di Jawa Timur, elektabilitas Jokowi-Ma’rif Amin terjun bebas. Padahal, Jawa Timur merupakan basis massa parpol pendukung Jokowi.

Pada periode Maret ini, elektabilitas paslon nomor urut 01 kini menurun menjadi 57,1 persen. Padahal pada periode Oktober 2018, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 69,6 persen.

Sementara Prabowo-Sandi mengalami kenaikan menjadi 27,8 persen jika dibandingkan pada periode sebelumnya yang hanya memperoleh 18,8 persen.

Hasil ini membuat Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jatim kian optimistis untuk membalikkan keadaan.

“Saya yakin tak lama lagi terjadi crossing. Paslon 02 akan menyalip elektabilitas Paslon 01,” tegas Ketua Harian BPP, Anwar Sadad kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (20/3).

Diakui Sadad, Jawa Timur menjadi wilayah pertempuran yang sangat bagi kedua paslon. Ia meyakini, Jawa Timur masih menjadi kunci utama untuk memenangkan Pilpres 27 April mendatang.

“Jatim akan menjadi battle ground yang sengit dan bakal menjadi penentu,” demikian Sadad.

Juru bicara BPN Andre Rosiade menilai hasil survei Litbang Kompas turut mengkonfirmasi survei internal BPN yang menunjukkan elektabilitas capres petahana sudah di bawah 50 persen. BPN menganggap Jokowi tidak mungkin menang.

“Kalau di bawah 50 (persen) udah nggak mungkin menang ya. Karena gini, ini tren berarti Pak Jokowi sudah tren turun terus, Pak Prabowo naik terus,” kata Andre Rosiade di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Menurut Andre, survei Kompas memberi sinyal bahwa Prabowo akan menang pada Pilpres 2019 nanti. Andre menilai Jokowi sudah ‘game over’.

“Kompas sebagai grup besar sudah berikan sinyal kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa 17 April besok presiden Indonesia akan diganti dari Jokowi ke Prabowo Subinato. Intinya apa? Litbang Kompas memberikan pemberitahuan bahwa Pak Jokowi game over,” tandas Andre.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2019, sebulan sebelum hari pencoblosan. Hasilnya, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 49,2 persen dan Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.

Survei digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Resource : pojoksatu.id

1 Response to "Jokowi Terjun Bebas di Jatim, BPN Bilang Begini"

close