Hati-hati, Ada 43 Titik Longsor di Trenggalek



Satuindo.com ~ Trenggalek - BPBD Trenggalek masih mendata dampak rentetan longsor yang terjadi bersamaan dengan banjir. Hingga hari ini tercatat 43 titik rumah dan jalan yang tertimpa longsor.

Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, mengatakan sesuai data dari BPBD puluhan titik longsor tersebar di Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Suruh, Dongko, Pule, Tugu dan Kecamatan Panggul.

Dampak tanah longsor dinilai lebih parah dibanding banjir. Sebab puluhan rumah penduduk dan fasilitas publik mengalami kerusakan.

"Kemudian ada beberapa akses jalan yang terhambat, seperti di daerah Siki, Kecamatan Dongko, akses jalan antar desa sempat tertutup total oleh longsor, kemarin saya sudah ke sana, kemudian di jalan nasional juga ada yang ambles," kata Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, Sabtu (9/3/2019).

Penanganan bencana tanah longsor tersebut kini menjadi salah satu atensi pemerintah daerah. Sejumlah instansi yang terkait kebencanaan telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk membantu proses pembersihan material longsor dibantu TNI dan personil kepolisian.

"Untuk pemulihan jalur yang tertimpa longsor kita lakukan secara bertahap, tapi diupayakan secepatnya akses lalu lintas dan perekonomian warga kembali normal, seperti kemarin yang di wilayah Siki, jalur ke salah daerahnya tertutup longsor, kami sudah datangkan bantuan untuk menyemprot sisa lumpur agar tidak licin," imbuhnya.

Sebelumnya longsor yang bersamaan dengan banjir terjadi secara sporadis di sejumlah kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Bencana alam tersebut dipicu hujan deras yang berlangsung selama lebih dari 7 jam.


Resource : detik.com

1 Response to "Hati-hati, Ada 43 Titik Longsor di Trenggalek"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close