Insiden Bendera Cina di HUT Kulon Progo, Ini Penjelasan Panitia



Satuindo.com ~ Kulon Progo - Terdapat bendera Cina di seutas tali tergantung dalam parasut yang keluar dari letusan petasan di rangkaian acara perayaan HUT ke-67 Kabupaten Kulon Progo. Begini penjelasan panitia.

Foto dan video yang menunjukkan peristiwa itu telah viral di media sosial. Tampak bendera Cina terikat di seutas tali bersama bendera merah putih. Letusan petasan itu ternyata merupakan puncak dari pentas tari angguk dengan penanggung jawab Dinas Kebudayaan Kulon Progo.

"Saya ingin tari angguk jadi energi kebaruan dan ikon Kulon Progo, digelar dalam jumlah besar. Lalu saya butuh penguatan untuk gongnya, saya butuh daylight dan yang saya tahu daylight itu petasan atau kembang api warna-warni," kata seksi pertunjukan tari angguk, Joko Mursito, ditemui di kantor Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Rabu (17/10/2018).

Joko yang menjabat Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulon Progo itu kemudian memesan petasan di sebuah toko di Jalan Kyai Mojo-Godean, Kota Yogya.

"Sehingga saya selaku pembeli, pengorder, saya pesan barang. Yang saya tahu saya butuh warna-warni di langit berwarna, ceria, saya tidak ada kebutuhan lain selain warna. Ledakan pun saya cari ledakan yang paling kecil, tapi efek warna yang saya cari, kan senang masyarakat ada petasan warna warni bayangan saya seperti itu," jelasnya.

Joko mengaku dia tidak mengetahui jika ternyata isi dari petasan yang dia pesan ada parasut dan bendera Cina.

"Saya tahu berdasar foto, kok ada seperti ini, saya sempat bertanya apa betul ini di Alun-alun Wates, atau foto ini rekayasa, editan. Karena saya waktu acara fokus pimpin, jadi dirijen tari dan musiknya," terangnya.

"Fisiknya saya tidak tahu, benda itu saja saya nggak lihat di acara. Tugas saya dirijen tarian angguk dan iringan musik," sambungnya.

Joko menambahkan pemakaian petasan atau kembang api sudah sering dia lakukan ketika mengisi sebuah acara. "Bukan kali pertama, dulu 2015 pas pembukaan Porda DIY, kemudian apel pencak silat Muhammadiyah di Stadion Cangkring, kami pakai daylight. Tapi tidak ada bendera at


Resource : detik.com

1 Response to "Insiden Bendera Cina di HUT Kulon Progo, Ini Penjelasan Panitia"

close