Ngabalin: Kehadiran Riza Chalid Urusan NasDem



Satuindo.com ~ Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin enggan menanggapi kehadiran pengusaha minyak Riza Chalid dalam acara kuliah umum Akademi Bela Negara Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan bahwa keberadaan Riza Chalid di tempat tersebut merupakan urusan Partai besutan Surya Paloh dan pihak istana enggan ikut campur soal kehadirannya tersebut.

"Ya itu acara NasDem, dia hadir ya urusan Nasdem dong, kalau NasDem ngundang dia ya masak kita ganggu," ujar Ngabalin saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Rabu (18/7).

Ngabalin mengklaim tak mengetahui soal kehadiran Riza dikarenakan dirinya tak mendampingi Jokowi saat acara kuliah umum itu berlangsung.

Ia mengaku mengetahui kabar tersebut dari media massa karena saat itu ia sedang berada di Yogyakarta untuk urusan lainnya.

"Saya enggak tau soal itu, Saya waktu itu masih ada di Yogyakarta pas acara itu. Taunya dari media aja," ujarnya.

Meski begitu, ia memastikan bahwa presiden Jokowi juga tak mengetahui ada kehadiran Riza di acara tersebut.

Ia mengatakan bahwa jokowi hanya menjalankan tugas sebagai pihak yang diundang oleh NasDem dengan kapasitas sebagai presiden untuk memberikan kuliah umum di depan para kader Nasdem.

"Tapi yang pasti itu acara NasDem, acara orang yang mengundang presiden. Tapi saya pastikan presiden tak tau dia hadir disitu" pungkasnya.

Nama Riza Chalid muncul di publik dalam kasus 'papa minta saham' yang melibatkan mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto pada tahun 2015 silam. Bersama Novanto, suara Riza terekam meminta jatah sama PT Freeport Indonesia saat bertemu dengan Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

Permintaan saham diutarakan jika Novanto Cs sukses membantu Freeport memperpanjang izin kontraknya di tambang emas, Papua.

Rekaman suara ini menjadi heboh karena Novanto membawa-bawa nama Presiden Jokowi. Rekaman ini dibocorkan menteri ESDM kala itu, Sudirman Said kepada media. Riza yang dimintai keterangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, tak pernah muncul di DPR. Jokowi, kala itu terlihat marah besar dan meminta agar kasus pencatutan namanya diusut. Pengusutan kasus Riza oleh Kejaksaan pun tidak terdengar kelanjutannya.

Namun, beberapa hari lalu, Riza Chalid justru muncul dan hadir bersama Jokowi dan sejumlah jajaran menteri dan tokoh nasional di acara yang digagas NasDem.



Resource : cnnindonesia.com

0 Response to "Ngabalin: Kehadiran Riza Chalid Urusan NasDem"

Post a Comment

close