Tekan Angka Perokok Muda, Dinkes Kota Bogor Tegakkan Aturan Tunjukan KTP Saat Beli Rokok

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Erna Nuraena 

Satuindo.com ~ Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor tampaknya mengambil sikap tegas dalam membatasi penggunaan rokok dikalangan remaja usia kurang dari 17 tahun.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Erna Nuraena, mengatakan sikapnya itu didasarkan dari dukungan masyarakat saat rapat dengar pendapat revisi Perda Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) beberapa waktu lalu.

"Itu usulan dari masyarakat sebetulnya, Jadi pada saat revisi perda ada usulan kita harus meregulasi siapa yang boleh membeli rokok," ujar Erna, Selasa (10/4/2018).

Erna menyatakan usulan tersebut merupakan saran yang baik dan akan dimasukkan ke dalam peraturan daerah.

"Jadi kita akan masukan ke perda, bahwa penjual rokok harus menjual rokok kepada orang dewasa dan harus dibuktikan dengan KTP," pungkasnya.

Menurutnya setelah perda resmi diberlakukan, setiap penjual rokok wajib memeriksa identitas pembeli jika dirasa meragukan.

"Jadi setiap orang yang menjual rokok kalau curiga umur pembeli dibawah 18 tahun, harus menanyakan KTP," kata Erna.

Dari keterangan Erna, Dinkes Kota Bogor sedang mengkaji efek terkait pembatasan rokok dengan tingkat daya beli di pasaran.

"Sebetulnya kita lakukan survai tapi belum di launching, jadi saya belum tahu apakah dengan pembatasan itu ada penurunan daya beli rokok atau tidak," tutur Erna.

"Kita mengharapkan sih penjualan rokok turun, artinya orang yg merokok berkurang dong," tambahnya.

Erna menjelaskan kembali secara tegas mengenai tujuan diberlakukannya perda tentang KTR tersebut bagi masyarakat.

"KTR ini tidak melarang orang merokok tetapi kita meminta orang merokok tidak di tempat umum yang orang lain ada yang tidak merokok, intinya kita ingin melindungi perokok pasif," ungkapnya.



Resource : tribunnews.com

0 Response to "Tekan Angka Perokok Muda, Dinkes Kota Bogor Tegakkan Aturan Tunjukan KTP Saat Beli Rokok "

Post a Comment

close