Putin Pecat 11 Jenderal Rusia, Penyebab Masih Misterius

Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin.

Satuindo.com ~ MOSKOW - Presiden Vladimir Putin dilaporkan telah memecat 11 jenderal Rusia. Pemecatan yang sebabnya masih misterius ini dilakukan beberapa minggu setelah dia terpilih kembali sebagai presiden Rusia untuk keempat kalinya.

Menurut laporan media Moskow, para jenderal yang dipecat Putin berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Lembaga Pemasyarakatan Federal dan Kementerian untuk Situasi Darurat.

Salah satu jenderal yang dipecat adalah Kepala Departemen Investigasi untuk urusan Inggris di Wilayah Krasnoyarsk, Letnan Jenderal Igor Napalkov.

Pemecatan Napalkov terjadi hanya beberapa jam setelah Duta Besar Inggris untuk Jerman Sir Sebastian Wood, mengecam pemerintah Rusia. "Karena menentang Konvensi Senjata Kimia dengan tidak mengungkapkan program agen syaraf rahasia," kata Wood.

"Rusia telah bereksperimen tentang cara terbaik untuk mengatur sejumlah kecil Novichok untuk membunuh orang," lanjut diplomat Inggris itu mengacu pada serangan racun Novichok, seperti dikutip Daily Mirror, semalam (6/4/2018)..

Momen pemecatan para jenderal juga bersamaan dengan ramainya kasus serangan racun terhadap mantan agen ganda Sergei Skripal dan putrinya, Yulia Skripal, di Salisbury, Inggris selatan pada 4 Maret 2018. London menuduh Moskow sebagai dalang serangan racun, namun Kremlin membantahnya.

Kasus Skripal ini telah memicu perseteruan diplomatik yang oleh para pejabat Moskow seperti era Perang Dingin. Perseteruan diwarnai dengan aksi saling usir para diplomat antara Rusia dengan negara-negara Barat pro-Inggris.

Putin, 65, yang merupakan mantan mata mata KGB, adalah salah satu dari delapan kandidat presiden dalam pemilu 18 Maret 2018 lalu.

Hasil pemilu menunjukkan Putin menang telahk dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Rival terdekatnya adalah Pavel Grudinin, dari Partai Komunis yang memperoleh  7 persen suara.


Resource : sindonews.com

1 Response to "Putin Pecat 11 Jenderal Rusia, Penyebab Masih Misterius"

close