Kerap dijadikan senjata, China larang ekspor barang ke Korut

Kim Jong-un sidak pembuatan bom hidrogen.

Satuindo.com ~ China melarang ekspor segala produk yang bisa digunakan untuk pembuatan senjata ke Korea Utara, mulai dari barang-barang eletronik hingga yang berunsur logam. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan sanksi yang diusulkan Amerika Serikat terhadap negara itu.

"Larangan ekspor mencakup komponen industri yang memiliki 'pemanfaatan ganda' mulai dari logam hingga bahan baku lain yang bisa digunakan untuk pembuatan produk sehari-hari ataupun senjata," demikian pernyataan Kementerian Perdagangan China yang dikeluarkan Minggu (8/4) malam dikutip dari laman Washington Post, Senin (9/4).

China yang telah menjadi pelindung diplomatik bagi Korut sekaligus bertanggung jawab atas hampir semua barang ekspor dan pasokan energi ke negara terisolasi itu kini berbalik mendukung sanksi ekonomi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebabnya, para pemimpin China merasa frustasi lantaran Korut semakin sembrono dalam mengambil tindakan khususnya terkait pengembangan senjata nuklir dari rudal.

Sebelumnya, China memberlakukan pembatasan penjualan minyak dan memangkas pendapatan Korut dengan cara tidak lagi membeli produk Korut seperti batu bara, bahan tekstil, dan makanan laut. Bahkan, beberapa bisnis Korut di China juga dipaksa tutup dan pekerja imigrannya dikirim pulang.

Kini, larangan baru diberlakukan adalah ekspor barang atau komponen berupa perangkat lunak, alat untuk membuat pesawat, serat karbon, peralatan bertegangan dan bersuhu tinggi, serta alat untuk mengukur dan mencampur bahan kimia.

Meski telah kehilangan hampir semua jalur perdagangannya, Korut tetap berusaha memajukan pengembangan senjatanya. Hal itu diklaim sebagai upaya untuk melindungi negara khususnya dari tekanan AS.

Sementara selagi meningkatkan tekanan ekonomi, China pun berusah menyerukan dialog untuk meredakan perselisihan yang semakin sengit antara Korut dan pemerintahan Presiden Donald Trump.


Resource : merdeka.com

0 Response to "Kerap dijadikan senjata, China larang ekspor barang ke Korut"

Post a Comment

close
Banner iklan disini