Hotel Novita Jambi kebakaran, PHRI evaluasi standar keamanan hotel

kebakaran hotel di jambi.

Satuindo.com ~ Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jambi akan mengevaluasi standar dalam tindakan keamanan atau safety yang dilakukan pihak Hotel Novita Kota Jambi terhadap tamu dan pengunjung menyusul insiden kebakaran yang terjadi pada hotel tersebut, Senin (10/4).

"Kami mencoba mengevaluasi terkait standar untuk keamanan tamu dan pengunjung, evaluasi yang akan dilakukan ini tentunya masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian," kata Wakil Ketua Bidang Perhotelan pada PHRI Jambi, Dedy Warja seperti dikutip Antara.

Evaluasi yang akan dilakukan tersebut kata dia, lebih terhadap standar operasional prosedur yang dilakukan manajemen hotel dalam penanganan keamanan tamu jika terjadi insiden kebakaran dan lainnya.

Hotel Novita yang telah melepaskan diri dari Accor Group Managemen itu dulunya menyandang predikat hotel berbintang 4, dengan menyandang predikat itu tentunya pihak hotel telah memiliki standar tindakan keamanan yang harus dilakukan kepada tamu hotel jika terjadi sebuah insiden.

"Novita itu dulunya hotel bintang 4, tentunya standar sudah ada, kami yakin pelayanan sudah bagus, tapi saat terjadi insiden kebakaran itu kan masih pagi sehingga kondisi stafnya masih sedikit," ujar Dedy.

Saat kebakaran yang melanda hotel yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kota Jambi itu, pihaknya langsung turun ke lokasi dan mengecek kondisi terkait dengan evakuasi tamu serta barang berharga milik tamu hotel.

Akibat insiden kebakaran hebat yang melanda Hotel Novita itu menurut Dedy, menjadi pembelajaran terhadap industri perhotelan lainnya yang berada di Kota Jambi agar melengkapi operasional yang memadai untuk penanganan bila terjadi sebuah insiden.

"Ini menjadi pembelajaran buat perhotelan, kami sebagai organisasi yang mewadahi perhotelan tentunya selalu mengingatkan ke pihak manajemen hotel soal pentingnya 'in action safety'," katanya menjelaskan.

Hotel Novita yang berlokasi di jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi, pada Senin sekitar pukul 04.00 WIB, terbakar. Petugas Damkar butuh belasan jam untuk memadamkan api.

Saat terjadi kebakaran, tamu hotel yang dievakuasi hanya ditempatkan di masjid. Banyak barang mereka yang tidak terselamatkan. Sejumlah tamu pun mempertanyakan soal standar evakuasi ini pada manajemen gedung.

Selain itu sampai saat ini pun belum bisa diketahui penyebab kebakaran hotel tersebut. Pihak dinas pemadam kebakaran dibantu kepolisian dan TNI terus bersama sama mencoba memadamkan api yang membakar hotel yang terletak di pusat Kota Jambi itu.

Puluhan mobil dari Damkar Kota Jambi dan dibantu dari mobil water canon milik Polda Jambi kemarin dikerahkan untuk memadamkan api di atas bangunan hotel dan api terlihat masih terus membakar satu per satu ruangan dan kamar hingga ke atap hotel itu.


Resource : merdeka.com

0 Response to "Hotel Novita Jambi kebakaran, PHRI evaluasi standar keamanan hotel"

Post a Comment

close
Banner iklan disini