Tipu Jamaah, Bos Abu Tours Ini Pamer Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Hingga Koleksi Motor Gede

Abu Hamzah, bos Abu Tours 

Satuindo.com ~ Polisi dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Polda Sulawesi Selatan menetapkan Direktur Utama PT Amanah Bersama Ummat atau agen perjalanan haji dan umrah Abu Tours, Hamzah Mamba (35) sebagai tersangka.

Abu Hamzah, demikian Hamzah lebih populer dikenal, menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan pencucian uang setoran dari 86 ribu calon jamaah umrah.

Pendiri dan penemu bisnis umrah sistem “multi level marketing” ini dinilai telah menggelapkan uang 86.720 orang senilai Rp 1,8 triliun.

Jamaah calon umrah Abutours yang tidak diberangkatkan itu berasal dari 15 provinsi. Mereka telah menyetor uang antara Rp 12 juta hingga Rp 16 juta per orang sejak tahun 2016.

Penetapan tersangka untuk kali pertama dalam kasus ini dilakukan setelah penyidik melakukan penyelidikan selama beberapa bulan.

Dalam keterangan persnya di Mapolda Sulawesi Selatan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (23/3/2018), Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Polisi Dicky Sondani didampingi Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Kombes Polisi Yudhiawan mengatakan, tersangka dijerat menggunakan sejumlah pasal.

Pasal yang menjerat, yakni Pasal 45 ayat 1 jo pasal 64 ayat 2 Undang Undang Penyelenggaraan Haji subsider pasal 372 dan 378 jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3, 4, 5 UU Tindak Pidana Pencucian Uang.

"Tersangka sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang tidak melaksanakan pelayanan kepada 86.000 jamaah sesuai dengan perjanjian tertulis. Tersangka diancam penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar," kata Dicky.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Abu Hamzah juga langsung ditahan.

Saat berusaha dikonfirmasi usai konferensi pers, dia langsung kabur bersama dengan penyidik menuju ke ruangan di kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Polda Sulawesi Selatan.

Polisi juga sudah menyita seluruh aset tersangka.

Bahkan, Jumat pagi polisi menggeledah kantor pusat Abu Tours di Jalan Pajonga Daeng Ngalle (eks Jalan Kakatua), Makassar.

 "Abu Tours ini beroperasi di 15 provinsi di Indonesia. Tapi kantor pusatnya ini di Makassar. Jadi total jamaah yang tidak diberangkatkan sebanyak 86 ribu orang," tambahnya.

Gaya Hidup Abu Hamzah

1. Pernah menjadi tukang cuci piring di restoran cepat saji, Pizza Hut, di Mal Panakkukang, Makassar

"Setahun lebih saya di sana. Kerjaanya jadi tukang cuci piring. Di Pizza saya banyak belajar. Salah satunya sistem dan pengembangan usahanya," kata Hamzah dalam sesi wawancara khusus dengan Tribun Timur tersebut.

2. Bisnisnya dimulai dari jualan es teler

Abu Hamzah adalah seorang pemuda pengusaha.

Namun, siapa sangka ternyata dmulai dari jual es teler yang modalnya berasal dari gaji saat bekerja di Pizza Hut.

Namun, usahanya berbuah manis, kala Ramadan tiba. Temannya sewaktu kecil, ia panggil dengan nama Aan. Menawarkan tempat untuk dia stay berjaualan.

Sehari, ia bermodalkan Rp 50 ribu bisa untung Rp 250 ribu. Daganganya cepat habis sebelum buka puasa tiba kala Ramadan 2006 silam.

"Hingga 30 hari, untung saya hingga Rp 60 juta. Saya sujud syukur. Allah memberi jalan, Alhamdulillah," ujarnya.

Ia pun memutuskan menikah, dengan teman SMA-nya dulu di SMA Tamalate Jl Tanggul Patompo Makassar.

Tahun 2006, uang hasil dagang es teler itu diputarnya kembali. Ia membuka usaha Coto Makassar.

Usaha kuliner Coto Makassar yang dirintisnya awal 2007 di Kota Daeng hanya seumur jagung. Di bulan ketiga, usaha Coto Makassar, modal hasil dagang es teler Rp 60 juta, tutup. Dari Rp 60 juta hasil jual es teler, tersisa Rp 1,3 juta.

3. Bisnis-bisnisnya yang lain

Dilansir dari Tribun Timur, selain mengelola Abu Tours and Travel, ternyata Abu Hamzah punya 11 usaha lain.

Seperti Al Haram Media Group (cetak, online, radio), Alabaik Group (kafe& resto), Alabaik cafe, Silverhawk Alabaik CafΓ©, Alabaik Resto, Lobby Cafe & Resto, CHOPPER Eatery & Coffee, UBOX Foodcourt, Lembaga pendidikan Yayasan Pesantren Islam Al Ikram, dan Alika Printing.

Diduga bisnis lain yang dikelola tersebut merupakan hasil pencucian uang setoran calon jamaah yang nilainya ditaksir mencapai Rp 1 triliun.







4. Pernah kuliah di dua universitas

Tahun 2001, Hamzah Mamba kuliah di Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM).

Akan tetapi, Hamzah tak menyelesaikan kuliah di UNM.

Setelah dari UNM, Hamzah melanjutkan pendidikan Sarjana Agama (SAg) di Sekolah Tinggi Agama Islam YAPTI Jeneponto.

5. Jalan-jalan ke luar negeri

Selain itu, ketika dia bepergian menggunakan pesawat udara, duduk di kelas bisnis.

Berdasarkan foto pada akunnya, dia juga pernah ke Las Vegas.

Las Vegas adalah kota terpadat di negara bagian Nevada, Amerika Serikat, ibukota Clark County, dan kota resor besar terkenal secara internasional untuk industri perjudian, perbelanjaan, dan hiburan.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Abu Hamzah (@abuhamzah12) pada

Kota ini juga dijuluki Ibukota Hiburan Dunia, yang terkenal karena sejumlah resor kasinonya dan hiburan sejenis.

Entah untuk tujuan apa Abu Hamzah ke kota ini.

6. Hobi Touring motor gede dan punya mobil mewah

Sebuah kiriman dibagikan oleh Abu Hamzah (@abuhamzah12) pada

Dia memiliki klub sepeda motor bernama Silverhawk, serupa dengan nama kafenya di Jalan Andi Mappaoudang, Makassar.

Berdasarkan penelusuran Tribun-Timur.com sebelumnya, Abu Hamzah merupakan pemilik mobil sport merek Lamborghini dan Ferarri.

Bahkan, dia pernah memamerkan dirinya mendapatkan undangan khusus dari produsen mobil seharga miliaran rupiah tersebut.











Resource : tribunnews.com

0 Response to "Tipu Jamaah, Bos Abu Tours Ini Pamer Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Hingga Koleksi Motor Gede "

Post a Comment

close
Banner iklan disini