Simak, Lewat Perumahan Lanudal Juanda, Wajib Punya Pas Stiker

Setiap warga masyarakat yang masuk ke komplek perumahan ini wajib pakai stiker seharga Rp 10 Ribu

Satuindo.com ~ Kerusakan Jalan Rajawali, Betro Sidoarjo sudah sangat parah. Saking parahnya, kemacetan hampir menjadi makanan sehari-hari warga yang melintas. Hingga sekarang, belum ada inisiatif dari Pemkab Sidoarjo untuk memperbaiki akses jalan tersebut.

Jalan tersebut biasa dilintasi beberapa warga Pulungan yang ingin menuju ke Raya Juanda. Selain itu, jalan tersebut biasa dimanfaatkan para orang tua yang mengantar jemput anaknya bersekolah di SMPN 1 Sedati. Tidak jarang, warga yang tidak ingin terjebak kemacetan, mengambil jalan pintas. Yakni dengan melalui komplek Perumahan Lanudal Juanda.

Namun kini warga sudah tidak bisa sembarangan lagi leluasa memanfaatkan akses jalan milik lapangan udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda. Sebab, warga harus memiliki pas stiker untuk melintasi kawasan tersebut. Dan untuk membuat stiker itu, warga diminta untuk menyiapkan uang Rp 10 ribu. Setiap KK hanya dibatasi dua stiker.

Surat edaran yang ditandatangani PJS kepala Desa Pulung 

Hal tersebut tertuang dalam surat nomor 140/ 032/ 438.7.5.11/ 2018 tertanggal 22 Maret 2018 yang ditandatangani PJ Kepala Desa Pulungan, Ermono Wahyudi. Surat tersebut ditujukan kepada Ketua RT/ RW se- Kelurahan Pulungan. Menurut isi surat edaran tersebut, Ketua RT diminta segera mendata warganya untuk dibuatkan stiker.

Beberapa warga yang didata adalah anggota TNI AL, warga yang bekerja di Bandara Juanda dan sekitarnya, pengantar dan pelajar yang bersekolah di lingkungan komplek Juanda (TK Hang Tuah, SD Hang Tuah X, SMPN 1 Sedati) . Untuk mendapatkan stiker agar bisa mengakses kawasan Lanudal Juanda, warga diminta menyiapkan fotokopi KTP, fotokopi STNK kendaraan yang digunakan, serta menyiapkan biaya stiker sebesar Rp 10 ribu untuk jangka waktu satu tahun.

Seluruh RT yang ada di Pulungan diminta untuk melengkapi persyaratan tersebut paling lambat hari Senin (26/3). Ke depan, kendaraan yang tidak ditempeli stiker tidak dibolehkan melintas di Lanudal Juanda.

Terkait dengan kebijakan tersebut, sejumlah warga Pulungan mengeluh. Terutama soal penarikan biaya dan repotnya melengkapi administrasi fotokopi.

Salah seorang warga perumahan, Thomas Arya yang biasa memanfaatkan Lanudal Juanda mengatakan, adanya pemberlakuan stiker itu sangat merepotkan. "TNI AL dan Kelurahan tidak membantu kesusahan warga. Katanya TNI kuat bersama rakyat, nyatanya malah menyusahkan," katanya kepada JawaPos.com.

Pria yang akrab disapa Thomas itu melanjutkan, selama ini akses jalan melalui kawasan Perumahan Lanudal Juanda sangat membantu mobilitas warga. Terutama untuk menghemat waktu. "Kalau lewat Pasar Betro selalu macet, jalannya rusak. Lewat Perumahan Lanudal sangat membantu kami," tambahnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi JawaPos.com, Camat Sedati Ridho Prasetyo enggan berkomentar banyak terkait kebijakan penarikan bea pembuatan stiker tersebut. Dia mengaku bahwa penarikan tersebut bukan diputuskan oleh Kecamatan. "Saya memang tahu informasi itu. Tanyakan saja ke Lanudal, jangan tanyakan ke saya. Saya tidak bisa menjawab," jelasnya.

Secara terpisah, Komandan Pomal Juanda Mayor Laut (PM) Edwin Heryana membenarkan adanya surat edaran tersebut. Hanya, dia menyebutkan ada kesalahpahaman tentang penetapan harga stiker.

Edwin mengatakan pihaknya belum menentukan besaran harga stiker pengenal akses masuknya. "Untuk besaran nominal belum ditentukan. Sudah saya informasikan ke orang yang ikut rapat sosialisasi. Mungkin, salah persepsi aja. Nanti akan diralat surat edarannya," tulis Edwin melalui WhatsApp.

Ketika ditanya apakah pemberlakuan stiker tersebut berkaitan dengan peningkatan keamanan, Edwin juga membenarkan. Pas stiker diberlakukan karena pernah ada salah seorang warga yang mengalami musibah perampokan di sana. "Betul, itu salah satunya. Yang jelas itu sesuai peraturan karena perumahan itu masuk wilayah pangkalan militer," tegasnya.


Resource : jawapos.com

0 Response to "Simak, Lewat Perumahan Lanudal Juanda, Wajib Punya Pas Stiker"

Post a Comment

close
Banner iklan disini