Sandiaga Uno Jadikan Jumat sebagai Hari...



Satuindo.com ~ Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menjadikan hari Jumat sebagai hari bersepeda. Hal ini merupakan bentuk dukungannya kepada komunitas pesepeda.

Ia menemui perwakilan beberapa komunitas sepeda di Balai Kota. Mereka antara lain berasal dari komunitas Rocketers, Bike to Work, dan MTB Federal Indonesia (MBTFI).

"Ada usulan dan saya langsung menyambut baik adalah untuk di Jakarta khususnya adalah bersepeda setiap hari Jumat," ujar Sandi di Balai Kota Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Penetapan hari bersepeda ini pun direalisasikan Jumat, 9 Maret 2018. Untuk mendukung rencana tersebut, Pemprov DKI akan menyediakan mobil-mobil toilet keliling yang dilengkapi dengan shower di beberapa titik ibu kota.

Selain itu, ada beberapa tuntutan yang disampaikan komunitas pesepeda menyusul tewasnya pesepeda Raden Sandy Syafiek yang merupakan produser stasiun televisi RTV. Mereka ingin Jakarta dapat menjadi daerah yang ramah bagi pesepeda.

"Kami menerima masukan yang pada intinya komitmen daripada Pemprov DKI untuk menciptakan ruang yang lebih ramah kepada para pesepeda," tutur Sandi. Ia ingin harapan tersebut dibarengi dengan perilaku pengguna jalan yang tertib lalu lintas.

"Karena percuma ada jalur sepeda tapi kalau perilaku daripada pengguna jalan itu sangat ugal-ugalan," katanya.

Selain itu perwakilan komunitas sepeda berharap gedung-gedung perkantoran di Jakarta menyediakan ruang ganti dan kamar mandi untuk pesepeda. "Karena mereka semua melakukan ini (kegiatan bersepeda) dalam keseharian," ucap Sandi.

Mereka juga meminta agar perkantoran di Jakarta dilengkapi dengan tempat penyimpanan sepeda untuk menghindari pencurian.

Perwakilan dari komunitas pesepeda Rocketers Lutfi, menyampaikan ide agar Pemprov DKI memberikan fasilitas bike sharing. "Di mana sepeda disharing dengan yang lain. Disimpan di titik-titik tertentu," pesan Lutfi.

Menurut Lutfi, hal ini membantu bagi para pesepeda yang ingin menggunakan sepeda dalam jarak pendek tanpa harus membawa sepeda. "Jadi dia bisa menggunakan sepeda yang sudah disediakan," imbuh Lutfi.


Resource : liputan6.com

0 Response to "Sandiaga Uno Jadikan Jumat sebagai Hari..."

Post a Comment

close