Gubernur Sulsel Beri Teguran Keras Satpol PP karena Seret Sapi



Satuindo.com ~ Kejadian tak mengenakkan terjadi di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Petugas Satpol PP mengangkut sapi dengan cara yang tidak semestinya.

Bukannya diangkut di dalam mobil bak atau truk, seekor sapi justru diseret di belakang mobil Satpol PP. Sapi tersebut diikat di bagian belakang mobil, sementara mobil terus melaju. Sapi berwarna cokelat itu tampak kesakitan karena lehernya tertarik sementara dia harus berjalan mengimbangi kecepatan mobil Satpol PP. Gerakannya tertatih-tatih.

Tampak seorang petugas mengawasi sapi tersebut dari dalam mobil bagian belakang. Sapi itu kemudian terjatuh dan ambruk sedangkan mobil tetap melaju pelan sehingga sapi tersebut terseret. Para warga dan pengendara motor yang menyaksikan peristiwa itu berteriak meminta mobil Satpol PP berhenti. Tak lama kemudian mobil tersebut berhenti.


Peristiwa yang terjadi pada 7 Maret ini menimbulkan kecaman publik. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo pun bereaksi.

Syahrul membuat surat yang ditujukan kepada Bupati Bulukumba. Dia meminta Bupati Bulukumba agar memberikan teguran keras staf Satpol PP yang menyeret sapi dengan cara tak layak tersebut.


Dalam surat teguran yang tertanggal 13 Maret 2018, Syahrul menyebut apa yang dilakukan Satpol PP tersebut bertentangan dengan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare) sesuai UU Nomor 18 Tahun 2009 Pasal 66-67 tentang kesejahteraan hewan yang telah diubah menjadi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dia berharap kejadian serupa tak terulang lagi.


Resource : kumparan.com

0 Response to "Gubernur Sulsel Beri Teguran Keras Satpol PP karena Seret Sapi"

Post a Comment

close